Langsung ke konten utama

Ku Tulis Tergesa-gesa

Aku terjaga dari mimpi yang kini tidak bisa ku ingat lagi, lalu sesaat termenung diranjang tidurku paling nyaman, memegangi jemari tangan kananku bingung – mencoba sekali lagi menggunakan ingatanku untuk mengingat mimpi itu.

Setengah dua pagi kok.
Kayaknya.
Mending tidur lagi aja kan ya ?

Sepuluh menit… tiga puluh menit… satu jam… tidak bisa ! mimpi itu terus membuatku terjaga, terlebih kepada sosok laki-laki yang ada didalamnya – yang sepanjang mimpi tadi terus mencium jemari tangan kananku.

Aku sudah resmi kecewa, aku sudah resmi membencinya dari beberapa hari setelah dia meninggalkanku. Kenapa datang ? Kenapa terus datang maksudku ?

Apa aku rindu ? kalau iya, tolong ajari aku mengendalikan rindu yang meliar. Cinta lama yang bertahun-tahun ku simpan, lebih tepatnya kita simpan – bahkan seringkali berusaha ku tebas dan aku berhasil saling menahan, tapi sepertinya selalu menolak.. meranggas.. menghantamku terlalu dalam.

Apa aku rindu ? kalau iya, tolong ajari aku menerjemahkan pahit rindu yang perih tiap mataku menatapnya. Rasanya kemana saja aku mencoba memalingkan kepala, selalu dia ada.

Apa aku (baru) mencintainya sekarang ? Atau cinta ku paling purba yang menggerus tahun-tahun lengang telah kembali sekarang ?

Tolong ajari aku berhenti bermimpi – memimpikanmu.

…..

“Pacarmu yaa ?”

“Eh kalian cocok, kenapa gak pacaran sih ?”

“Dari eyecontact aja ketahuan, kenapa gak cepet-cepet sih mbak ?”

“Eh, pacarnya ya dik ?”

“Lagian, kan bisa aja dong orang jadian sama sahabat mbak. Gak ada yang melarang, bahkan banyak yang seperti itu.”

Oke, dari sekian puluh – ratus – ribu, aku paling benci mendengar omongan orang yang begini. So, please dia itu sahabatku. Aku sudah bersama dan menyayanginya sejak kita masih SD. Dia adalah segalanya diluar keluargaku, sama halnya dengan Trisna, Rachma, Nuris, Haqki, Didit, Andrian, ( dan banyak lainnya, tidak mungkin aku sebutkan mereka satupersatu). Dia atau mereka adalah sahabatku, penghiburku, kakakku. Bahkan kalau boleh jujur, dia jugalah yang.......

Oke, mari berhenti melantur !

Aku pernah bersumpah, kepada banyak orang kalau laki-laki dan perempuan itu bisa benar-benar sahabatan tanpa terkontaminasi roman picisan !

Jadi sebagaimananya aku dengan dia, rasanya tidak mungkin untuk nge-showoff love-lovenya kita lebih dari love yang ada dipersahabatan. (yaa, meskipun kita punya perasaan yang sama, aku tahu itu). Aku hanya bisa mengelak sewaktu orang-orang memporakporandakan hatiku dengan kalimat-kalimat yang aku cocoklah dengan dia, yang udah suruh cepet pacaran aja dengan dia. Yaa ampun, jujur saja setiap kali hatiku diporakporandakan, tingkahku ikut berantakan – salah tingkah. Malu-maluin.

…..

Selain aku sudah lama bersahabat dengan dia, rumah kita juga berdekatan. Jadi tidak menutup kemungkinan waktu ketemu kita lebih banyak dibanding dengan jadwal rutin yang diadakan tiap seminggu 2x untuk berkumpul dengan Trisna dan yang lainnya.

Kalau ditanya waktuku ketemu dengan dia, yaa seminggu bisa lebih dari 3-4 atau mungkin setiap hari. Hahaaa Entah itu hanya untuk sekedar cari angin, cari makan, atau cari wangsit – berdua. Itu sudah menjadi hal biasa yang kulakukan dengan dia, meskipun salah satu diantara kita ada yang sudah berstatus (perpasangan). Siapa ? aku – dia ? yang jelas aku sudah punya kekasih. Tapi jauh dari rumah – jauh sekali aku bilang. Dan aku cinta sama kekasihku ! kalau dia… aku tidak begitu tahu, dia jarang sekali cerita tentang kekasihnya. Tapi terakhir yang aku dengar dia bersama Firda. Tidak ada yang aneh kan dengan kita ? sewajarnya… kita tidak lebih dari sahabat. Kerap kali aku mau jalan sama dia pun, aku pasti pamit kekasihku – dan diijinin. Mereka sudah pernah kutemukan dengan kekasihku sebelumnya, begitu juga Trisna dan lainnya, semuanya kenal.

…..

Ini adalah tangis paling parah dimataku karena dia. Sebelum ini aku memang beberapa kali menangisinya ketika dia dalam masalah. Tapi sungguh, ada perbedaan besar antara menangisi kekasih orang dan menangisi laki-laki yang sebenarnya bisa kita miliki tapi secara moral tidak boleh.

“Loh, kamu kenapa ? hidungmu merah ? matamu ?”

“Gak kenapa-kenapa, Cuma pilek aja, tadi sempet kelilipan juga. Coba tiupin mataku dong, barangkali debunya bisa keluar.”

(Trisna mendekat untuk mengecek mataku, tidak lama… bukannya mengecek mataku, kepalaku malah disundul) “basi, caramu bohong udah basi. Kenapa ?”

DAMN ! aku memang tidak pernah bisa membohongi Trisna dengan cara apapun, dia memang satu-satunya wanita paling ngerti aku setelah ibuku. Termasuk dengan cara sebodoh ini, semua orang juga pasti tahu hidung merah dan mata sembabku karena menangis bukan karena pilek atau kelilipan yang gak masuk akal. Hahaah

“Masih ingat sama Firda yang pernah aku cerita sebelumnya kan ?”

“Oh, masih. Kenapa ?”

“Rupanya daya ingatmu lebih tajam dibanding daya dengar telingamu yang sering keluar masuk THT ya, Na ?” (aku menggoda Trisna, yang memang keseringan keluar masuk THT) wkkwkw

“Oh, bangke ! sialan ! Ayo kenapa ? cepetan ah !” gerutu Trisna.

Bla… bla… bla… dua jam sendiri untuk aku bertukar cerita dengan Trisna siang ini.

…...

Ini kali pertama aku meminta bertemu setelah hubungan kita, selesai. Bukan berarti hubungan yang sudah terjalin sejak kita kecil juga ikut selesai.

Kupandangi dia lagi

Ya ampun sahabat kecilku, bagaimana pandangan mata bisa membuat dua orang yang duduk berhadapan merasa jurang selebar ribuan kilometer diam-diam terbentang diantara mereka – menggantikan meja kayu yang terbentang diantara mereka ? itulah yang saat ini kurasakan.

Aku benar-benar membencinya, tapi aku juga menginginkannya. Entahlah. Aku sengaja membuat hubungan kita terasa berjarak.

Bisa saja dulu aku mengejar dia seperti yang sering kulihat di film-film roman, memanggil-manggil namanya seperti serigala yang merindukan bulan. Tapi tidak satupun diantara kedua hal itu aku lakukan. Aku hanya memandangi dan membiarkan dia pergi…

Pikiranku pernah begitu kuat ingin mempertahankannya, tapi entah dengan hatiku ? sudah kutanyakan tapi belum kutemukan jawaban.

Disisi lain, aku tahu keinginannya untuk berhenti juga begitu kuat, dia sendiri yang memintaku untuk mengerti. Tapi entah dengan hatinya ? mungkin sudah dia tanyakan, sudah dia temukan jawaban, tapi dia berusaha mengelak. Mungkin…

 

 

Bersambung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gandeng Tangan

malam minggu romantis ke Pacet, bareng Ayah Ibu. ehm... semacam sudah jadi rutinitas seminggu sekali kesini sih. ..... entah kenapa, Ibu-ku rewel banget hari ini. yang berangkat molor sejam nunggu dia dandan. yang minta mampir sini, mampir sana, beli ini, beli itu. dan.. beberapa menit kemudian sepertinya dia mulai lapar, lalu minta makan-nya harus nasi goreng . (sebentaran sudah nyampek lokasi, eh rewel lagi.) syukur-syukur nemu penjual nasi goreng nih kan. (tapi, zonk. gak seberapa enak). mamam tuh bu ! hahaha *astaga, bella mintamaaf bu*. oke skip, inti cerita dari judul diatas itu kayak gini. Nasi Goreng Pak Joui ..... kebetulan kita bertiga semeja dengan dua sejoli, yang nampaknya sih berstatus 'pacaran'. eh nasi goreng datang, kita mamam dulu yaa. "mana sih ? iyaa... iyaa...". "jangan dihapus. kenapa sih memang ?" ewuuul, mbak ini gelandotan manja banget ke mas-nya, sambil ngubek-ngubek handphone si mas-nya gitu. (maklum, pacar

Wonderful Sunset ( Bangkalan Madura )

okay, ini kali kedua aku menginjakkan kaki ke Pulau Madura, sebelumnya... kali pertama kesini sengaja ingin mencicipi bebek terkenal di Madura "Bebek Sinjay", tidak hanya menikmati kulinernya, aku juga teman-temanku yang lain disuguhi keindahan Pulau Madura dari ketinggian 60m, di Mercusuar Sembilangan berlantai 17.  25 Desember 2013, Merry Christmast yang selalu identik dengan hari libur. hehe semalam, aku memang sudah berencana ingin ke Pelabuhan Perak, aku ingin mencoba bagaimana rasanya duduk dikapal, menyebrang ke Pulau Madura. yap, akhirnya... kali kedua ini aku hanya berangkat berdua dengan sahabat terbaikku siang itu, Risa. kita hanya merogoh dompet Rp.12.000,- untuk biaya masuk pelabuhan dan biaya transportasi kapal. tidak jauh dari jarak kapal berhenti, kita bisa melihat patung tugu pahlawan TNI AL Surabaya, tinggi besar. sedikit kapal yang kita tumpangi menuju ketengah laut, kita bisa melihat jembatan Suramadu yang kali kedua ke Pulau Madura kita melewatinya. rasan

Kabar-Kabar Lagi Nanti !

Apa kabar berkali-kali kau bilang "goblok" separuh bagianku ini ? Tapi aku ganti baru sekali saja, kau bilang sakitnya setengah mati ! 🤣 Lalu pernah tidak kau tanyakan bagaimana kabar ku begini ? Biar tidak hanya melalu kamu yang tidak boleh tersakiti. Oke, aku nanti kabar-kabar berikutnya.. Pokoknya kamu harus bahagia ! Kamu harus menang seenaknya. Ya !